New Taste of Klepon Ala Yu Pulen

klepon
sumber: http://resepmasakanindonesia.info/resep-klepon/

Klepon? Ya, sebagai orang Indonesia, khususnya Jawa, tentu tidak asing dengan penganan khas yang satu ini. Bentuknya yang bulat sebesar bulatan bola pingpong (kadang lebih kecil) dibalut dengan kelapa parut dengan rasa manis isinya gula jawa, menjadikan klepon nikmat disantap saat ngobrol dengan keluarga. Sore-sore ngobrol di teras sambil nge-teh.. hmm, sedaap!! :mrgreen: lalu, apa hubungannya antara klepon dengan saya, hehe.., ini adalah postingan hasil masak saya yang pertama untuk bejana “Ala Yu Pulen”.

Ada apa dengan Yu Pulen? Eits, ini bukan judul film layar lebar lho. Oke, daripada penasaran dengan sebutan ini, biar saya sendiri yang menjelaskannya. Began! Bermula dari kebiasaan saya masak nasi di rumah. Setiap kali saya menanak nasi, pasti jadi  pulen. Tidak heran sebutan pulen pun nyantol. Bagi yang awam dengan istilah pulen, hmm.. pulen adalah istilah untuk menyebut nasi yang teksturnya lembek, bukan bubur tetapi juga bukan nasi aron lho, jadi enaklah dinikmati dengan sambal teri/sambal terong/sambal tomat dengan lauk ikan asin, berbagai jenis pepes, juga bothok. Waduh, bikin lapar mode on, hihi 😛

Nah, kita kembali ke kisah si klepon. Awal saya mencoba membuat penganan ini hmm, waktu itu ada acara pertemuan pemuda tahun lalu, hehe.. sudah ga up to date, kenangan belaka. Ndak apa-apa, namanya juga cerita. Membela diri nih! 😀 waktu itu saya masih memasak di bawah komando ibunda, lha harap maklum wong

promo klepon
promo klepon di ultahnya May

sangat jarang masak penganan tradisional je. Pertama masak klepon masih dengan isian gula jawa. Memang khasnya pakai gula jawa, tapi untuk selanjutnya saya mulai memodifikasi si klepon, haha.. bukan saja tanaman yang diutak-atik gen-nya menjadi tanaman transgenik, tapi klepon pun bisa diutak-atik menjadi berbagai rasa. Iya? Tentu! Memang akan membuat rasa khasnya hilang, tapi saya membuat rasa bermacam begini untuk sebuah alasan. Lidah! Klepon dengan rasa original yang manis jika dinikmati terus-menerus pastinya eneg. So.. perlu siasat agar acara menikmati si klepon tidak terkendala rasa eneg, belum lagi tentunya akan ada kejutan di setiap gigitan, ada ledakan istimewa di dalam mulut. WOW! :mrgreen: Saya menyiapkan klepon rasa unik ini untuk kado ulang tahunnya May. Kami sahabatnya diundang untuk makan siang di kost May di Sagan. Nah, biarkan saja mereka yang hadir menikmati klepon buatan saya dan dengan sukses TERJEBAK 😆

Oke, hal pertama yang dilakukan sebelum memulai masak adalah mempersiapkan bahan-bahannya. Mau mencoba? Baiklah. Untuk bulatan klepon-nya kita membutuhkan:

  1. Tepung beras ketan putih Rose Brand.
  2. Santan kental (untuk 500 g tepung cukup ambil dari ½ butir kelapa parut).
  3. Isian: gula jawa, cokelat batang, susu batang, keju Kraft dipotong kecil/diserut
  4. Taburan, tentunya kita perlu kepala eh kelapa parut. Agar lebih cantik warnanya biasakan membuang bagian luar kelapa yang berwarna kecoklatan. Saya sarankan taburan dikukus terlebih dulu agar lebih tahan lama, sesuai selera.
  5. Daun katu atau daun suji (untuk pewarna)
  6. Air matang dan garam secukupnya.

Cara membuatnya:

  1. Pertama, siapkan taburannya lebih dulu. Pilih sebutir kelapa yang sudah cukup tua berukuran sedang, bagi dua. Separuh untuk taburan, separuh lagi diparut diambil santan kentalnya. Ingat, bagian yang digunakan untuk taburan sebaiknya dibuang bagian luarnya. Setelah diparut, kukus. Jangan lupa taburkan sedikit garam di atasnya.
  2. Untuk pewarnanya, cuci bersih segenggam daun katu, remas dengan sedikit air, saring dan ambil sarinya sesuai kebutuhan, sisihkan.
  3. Untuk adonan intinya. Tuang tepung beras ke wadah (boleh nampan, baskom) lalu tuang perlahan santan serta tambahkan pewarna sari daun katu yang telah dibuat tadi sembari diuleni sampai rata dan kalis. Adonan yang kalis tidak lengket, bisa dipulung. Setelahnya bentuk adonan bulat-bulat, jangan lupa masukkan isinya tadi, acak saja biar asyik :mrgreen:
  4. Sembari mengisi bulatan klepon, rebus air dalam panci. Setelah air mendidih, masukkan bulatan klepon dan tunggu hingga mengapung. Kalau sudah mengapung, angkat dan tiriskan lalu guling-gulingkan ke atas kelapa parut.
  5. Voila, new taste of klepon ala Yu Pulen siap dihidangkan 😀

Sebenarnya ada satu bahan lagi, air kapur sirih. Bahan ini optional, kalau tidak ada, tidak ditambahkan juga tidak apa-apa. Jadi, bagi yang ingin mengalami bagaimana TERJEBAK bersama klepon silakan mencoba saja yaa 😆

31 Comments

  1. si belo

    16/05/2012 at 12:32 pm

    Huaa….jadi ngilllerrrrrrr… Mbaa, lemparin ke Jakarte dong kleponnye 🙁 #mupeng

    1. Phie

      23/05/2012 at 11:38 am

      mau, Nay? niih.. tangkap yaak!! 😀

  2. Mabruri Sirampog

    16/05/2012 at 12:36 pm

    wowww kleppoooonnn,,
    sudah lama ga makan klepoonnn.. pengeeennn… hiks..hikss..

    saya juga suka sama nasi yg puleenn.. 😀

    1. Phie

      23/05/2012 at 11:41 am

      wooowww.. juragannya Shaun the Sheep mupeng sama si klepon 😆
      hehehe.. bikin aja, Mas.. atau beli ke pasar bagian jajanan tradisional.
      nasi pulen memang oyee! bikin doyan makan.. :mrgreen:

  3. melly

    16/05/2012 at 1:37 pm

    Tahun lalu, aku dan tanteku sempet bisnis klepon..hihi
    tp pake ubi.. rasanya enak banget. Cuma gak balik modal..
    hehe. klepon ini emang enak bgt ya.

    1. Phie

      23/05/2012 at 11:42 am

      klepon ubi? wah, patut dicoba tuh.. trus gimana bikinnya, Mbak Mell?
      jadi penasaran pengen nyoba 😀

  4. ~Amela~

    16/05/2012 at 1:59 pm

    wah., isinya jadi macam2 ya mbak.. jadi pingin nyobain.. yang isi keju. hahaha
    kalau di rumah biasanya sih pewarnanya pake daun pandan betawi

    1. Phie

      23/05/2012 at 11:45 am

      ayo, cobain masaknya, Mel.. pasti lebih seru 😀
      pandan betawi? daun suji maksudnya?

  5. tunsa

    16/05/2012 at 1:59 pm

    nggak percaya kalo itu klepon enak :p

    1. Phie

      23/05/2012 at 11:46 am

      kalau ga percaya, ga usah nyoba. weeee 😛 😆

  6. arifkhumaidi

    16/05/2012 at 2:02 pm

    :D, *idem dengan mas tunsa

    1. Phie

      23/05/2012 at 11:47 am

      😆 jawabannya idem sama komentarnya Ari 😀

      1. arifkhumaidi

        23/05/2012 at 11:32 pm

        😀

  7. Diandra

    16/05/2012 at 2:53 pm

    aq suka klepon
    tapi kalau bikin…?
    selama masih ada yg jualan aq akan ikut mensukseskan bisnis mereka
    hihihi…

    salam kenal mbak….

    1. Phie

      23/05/2012 at 11:49 am

      salam kenal, Diandra 😀
      memang sih lebih mudah & praktis langsung beli trus dimakan. tapi nyoba masak sekali-sekali biar tahu gimana caranya boleh juga kan? :mrgreen:

  8. Musim Semi

    16/05/2012 at 4:55 pm

    kalau dipadang klepon it sebutannya “onde2” mbak asree :D….wah trnyata mbak kreatif jg nukar2 isinya..saya jg pengen nyoba..makasih resepnya….

    1. Phie

      23/05/2012 at 11:51 am

      hehe, kalau di Jogja yang namanya “klepon” beda sekali dengan yang namanya “onde-onde” dari mulai bahan, isi, sampai bentuk akhir saat dihidangkan. oke, kembali kasih 😀

  9. esti sulistyawan

    16/05/2012 at 5:30 pm

    wah inovasinya oke juga mbak

    salam kenal 🙂

    1. Phie

      23/05/2012 at 11:53 am

      terima kasih, Mbak Esti. salam kenal kembali 🙂

  10. anazkia

    16/05/2012 at 7:03 pm

    Wahhhhh, resep baru ini
    mauuuuu
    kalau ada, sih tinggal makan hehehe

    1. Phie

      23/05/2012 at 11:55 am

      sepakaaaat, Anaz 😆

  11. Ngetik Dot Com

    16/05/2012 at 7:23 pm

    wow, kelepon isi keju..
    klo pake keju yg melt mungkin enak tuh coba ah 😀

    sebentar, susu batang itu yg ky gmn yah?

    1. Phie

      23/05/2012 at 11:59 am

      yang melt atau keju yang biasa juga bisa koq, kan nanti tetap leleh karena direbus. susu batangan.. sedikit kurang lazim sih. saya waktu hunting belanja isian itu nggak sengaja nemu di Indomaret.. sayang ga saya foto waktu itu; penampakannya mirip cokelat batangan, cuma terbuat dari susu.

  12. puchsukahujan

    17/05/2012 at 8:49 am

    wah, ternyata bisa dimodif jadi banyak rasa ya mbak?
    saya pernah bikin tapi memang hanya yang isi gula jawa saja 😀
    ada ledakan cairan gula di mulut itu rasanya… hmmmm….enaaakkk

    1. Phie

      23/05/2012 at 12:02 pm

      oh, tentu bisa, Puch. ini soal gimana kreatifnya yang masak saja. mau dikasih isian lain, juga bisa. asal ilih bahan isian yang nantinya saat digigit itu tetap meninggalkan sensasi melting-nya. ssrrlluuupps 😀

  13. monda

    18/05/2012 at 6:47 am

    apalagi kalau diisi oncom pedas he..he.. betul2 jebakan

    1. Phie

      23/05/2012 at 12:06 pm

      wahaha, Bunda bisaa ajah… naluri ibu biasanya bakal jalan kalau sudah ketemu sama resep masakan macam begini 😆
      btw, kalau dikasih isian oncom pedas, nanti jadi “kelombro” namanya, Bun. saingan sama combro 😀

  14. marsudiyanto

    20/05/2012 at 11:54 am

    Saya paling suka klepon yang kalau lagi digigit isinya muncrat…
    Lebih berasa kayaknya.
    Tapi kalau digigit kok gak ada efek meledaknya, kayaknya belum bisa dibilang KLEPON…
    Hidup Klepon!!!!

    1. Phie

      23/05/2012 at 12:09 pm

      naah… itu dia, Pak Mars. sensasi muncrat, meledak, & meleleh di mulut.. waaah! tiada duanya.. hidup klepooon!! 😀

  15. Kreasi Klepon Labu Kuning a la Dapur Yu Pulen | Segores Pena Phie

    04/10/2015 at 10:00 am

    […] kalau dulu saya pernah membuat kreasi klepon aneka rasa, maka kali ini giliran memanfaatkan hasil kebun. Mumpung di rumah sedang mamring penganan dan mata […]

  16. amarzoniie

    31/08/2017 at 9:14 am

    keren juga nih kreasinya, klo saya sih pernah buat klepon isi selain nanas.. rasanya manis-manis gurih gtu. tapi lain kli boleh juga nih cobain resepnya si mbak 🙂

Leave a Reply