(Coba-Coba Resep) ‘Uter’ Banana Cinnamon Pancake

Saya adalah tipe orang yang sering merasa gemas sendiri jika sampai membuang makanan. Rasanya sayang banget, gitu. Kok seperti orang yang gak tahu bersyukur? Diberi rejeki, eh, malah dibuang.

Hmm, sebenarnya, dalam hati tidak ada niat untuk sengaja membuang, tapi … tetap saja gemas sendiri kalau sampai itu terjadi. *pfiuuh πŸ˜₯ Salah satu contohnya, jika kami panen pisang uter dari kebun. Rasa pisang ini manis, gak kalah manis dengan Cavendish-nya Sun**ide (menurut saya). Hanya saja harga pisang uter di pasaran tidaklah semanis rasanya.Β Harganya murah sekali.

Pisang uter sering kali dipandang sebelah mata. Biasanya dijadikan pakan burung. Sangat jarang yang mau makan pisang uter sebagai hidangan buah. Seringkali saya bertanya-tanya, apa hanya karena bijinya yang banyak, sampai-sampai tak banyak orang yang mau ngalap si uter? Belum lagi jika kondisinya sudah overripe alias terlalu matang. Berakhirlah sudah nasibnya di jugangan (tempat sampah di kebun, bahasa Jawa). Ckckck, mesakake tenan… Kasihan sekali….

Jadi, dalam rangka misi penyelamatan si uter (ciyee, bahasanyaaa πŸ˜› ), saya pun mencoba-coba resep (lagi). Resep sederhana. Ya, saya lebih suka yang sederhana dan pas dengan kondisi rak persediaan bahan di dapur. Setelah intip stoples sana-sini, saya menemukan tiga jenis bahan lain: bubuk kayu manis, biji wijen, dan baking powder.

4 bahan banana cinnamon pancake

Hmm, pas rasanya jika saya memadukan bahan-bahan di atas menjadi banana cinnamon pancake a la Dapur Yu Pulen. Yuk, ah! πŸ˜‰Β 

Bahan-bahan:

10 buah pisang uter ukuran kecil
Β½ sendok teh bubuk kayu manis
Β½ sendok teh baking powder
ΒΌ sendok teh garam halus
biji wijen secukupnya (untuk taburan)
1 sendok makan minyak goreng (opsional)

 

Cara membuat:

  1. Kupas pisang, lalu lumatkan dengan bantuan garpu. Buang biji-biji dari daging buah.
  2. Tambahkan bubuk kayu manis, baking powder, dan garam halus. Aduk rata.
  3. Tuang minyak goreng ke wajan anti lengket. Panaskan wajan. Setelah cukup panas, kecilkan api dan biarkan kompor menyala kecil.
  4. Ambil satu sendok makan adonan. Tuang ke wajan sambil dipipihkan hingga berukuran diameter 6β€”7 cm.
  5. Taburi biji wijen di sisi atasnya.
  6. Masak bagian bawah selama satu menit hingga berwarna kecokelatan.
  7. Balik dengan bantuan spatula. Masak bagian lain selama satu menit hingga kecokelatan.
  8. Balik cepat untuk kedua sisi sekali lagi, lalu angkat dan sajikan hangat.
banana cinnamon pancake
‘uter’ banana cinnamon pancake πŸ˜‰

O ya, saya sama sekali tidak menambahkan telur untuk pancake ini. Sengaja, biar acara cheating akhir pekan gak begitu melenceng dari juklak makan. πŸ˜€ Saya juga tidak menambahkan gula atau madu. Si pisang uter yang overripe ini, manisnya (menurut saya) gak ketulungan. Kalau saya tambah gula, wah …, makan satu saja bisa eneg nanti, hehehe. πŸ˜†

Saat saya menambahkan sepucuk daun mint sebagai garnish di atas tumpukan pancake ini, sebuah ide muncul. Bagaimana jika saya tambahkan saus mint di atasnya, ya? Hmm, pasti segar semriwing. πŸ˜†Β Kapan-kapan patut dicoba untuk sekadar recook dan memperbaiki rasa. Ya, namanya juga coba-coba resep. Setidaknya, saya punya satu jalan untuk memanfaatkan pisang uter (atau pisang lain) yang terlalu matang. πŸ˜‰

Well, semoga resep pancake sederhana ini bermanfaat … dan salam happy cooking dari Dapur Yu Pulen. πŸ˜‰

  1. mysukmana

    02/11/2015 at 2:36 pm

    hasil jadinya mana kak, kok blm muncul fotonya πŸ™‚

    1. Phie

      11/11/2015 at 10:36 am

      sudah kok, Kang πŸ˜€

  2. Lidya

    03/11/2015 at 1:16 pm

    ooh bisa ya tanpa telur bikinnya

    1. Phie

      11/11/2015 at 10:37 am

      biasanya pakai telur sih, Mbak Lid, tapi khusus yang ini enggak. enak juga kok hehehe πŸ˜†

  3. Susindra

    07/11/2015 at 8:15 am

    Wah, unik, inih. kuno ketemu kekinian. hihihi…
    ambil piring ah, mo nyobain

    1. Phie

      11/11/2015 at 10:39 am

      bisa bisa bisa, silakan dicoba, Mbak. πŸ˜€

  4. Dunia Ely

    12/11/2015 at 5:10 pm

    Baru tahu ada Pisang uter, keren ya namanya πŸ™‚

    Aku sudah lama nih nggak bikin pancake, kesukaan suami dan mama mertua. Resepnya boleh juga πŸ™‚

Leave a Reply