4 Langkah Mengubah Ukuran Kertas Foto Hasil Scan

Hai, Sahabat! Setelah sekian lama, akhirnya saya bisa melanjutkan tutorial ala-ala redaktur jurnal. Hihihi. Alhamdulillah. 😀

Ok, kalau sebelumnya saya pernah mengutak-atik cara memperbaiki angle gambar dengan arbitrary tool-nya Adobe Photoshop; kali ini saya akan mengajak Sabahat, terutama yang merasa kesulitan mengubah ukuran kertas foto hasil scan. Sebenarnya ini karena saya harus membendel back issue dalam sebuah file PDF. Nah, karena kadangkala hasil scan artikel tidak sesuai harapan (berubah ukuran), maka sebelum dibendel dalam format PDF, saya perlu merapikan ukuran kertasnya.

Jadi, bagaimana caranya? Sederhana saja kok, tinggal siapkan Corel PhotoPaint dan gambar hasil scan. Yuk, kita mulai! 

  1. Buka foto hasil scan (format JPG/JPEG) dengan Corel Photo-Paint. Klik ‘Image’ → ’Paper Size’. Nanti akan muncul kotak dialog.

step 1. paper resize Corel Photo-Paint

 

2. Pada kotak dialog, perhatikan angka pada bagian ‘Current’ dan ‘New’ yang saya beri tanda. Angka pada bagian ‘Current’ adalah ukuran kertas hasil scan saat ini, sementara bagian ‘New’ adalah ukuran yang akan kita ubah sesuai keinginan.

step 2 paper resize Corel Photo-Paint

 

3. Pastikan satuan dalam ‘milimeter’. Ketikkan di bagian ‘New’ ukuran kertas yang kita ingin. Karena saya ingin merapikannya menjadi seukuran kertas kuarto (A4), maka saya ketikkan angka 297 pada bagian height dan 210 pada bagian width. Jangan terbalik ya. Kalau sudah, klik ‘OK’.

step 3 paper resize Corel Photo-Paint

 

4. Setelah itu akan muncul lagi kotak dialog, langsung saja klik ‘OK’ dan hasil scan akan tersimpan dengan ukuran yang kita inginkan.

step 4 paper resize Corel Photo-Paint

***

O ya, sebagai catatan; sepengalaman saya, pengubahan ukuran kertas ini di beberapa hasil scan akan tersimpan dalam angka berbeda. Kemungkinan ini karena Corel Photo-Paint menyesuaikan secara otomastis rasio panjang : lebar kertas. Tidak masalah, biasanya angkanya sangat kecil. Tidak terlalu terlihat saat dikonversi ke bentuk PDF.

Demikian cara mengubah ukuran kertas foto hasil scan. Semoga bermanfaat, ya. 🙂

Leave a Reply