Impian tentang Sebuah Kebun

Salah satu impian saya adalah memiliki sebuah kebun sayuran di rumah. Entah, mungkin didorong oleh faktor usia ya? 😛 Sebagai emak, nantinya saya (insyaAllah) pasti akan berurusan dengan dapur dan keuangan keluarga. Sebuah kebun sayur setidaknya akan membantu saya memangkas sebagian dari pengeluaran. Walau tidak besar secara nominal, saya pikir itu akan sangat berguna kelak. Misalnya, saya tidak perlu khawatir dengan pestisida dan senyawa kimia sintetis lain yang seringkali ditambahkan dalam proses pemeliharaan tanaman sayuran. Atau juga tentang angka kecukupan gizi keluarga yang kadang bisa saja berbanding terbalik dengan kondisi keuangan. Maunya tercukupi gizi, tapi sayang harga sayuran pas mahal. Siapa yang bakal tahu? Lebih penting bersiap sedini mungkin, iya kan?

Oke, kembali ke kebun. Kebun tersebut tidak perlu seluas sekian hektar, cukup beberapa meter persegi atau malah beberapa larik, tetapi cukup memenuhi kebutuhan. Haha pemikiran praktis saya suka muncul kalau sedang memikirkan rencana. Ya, kalau bisa murah dan efisien, mengapa harus mencari yang mahal dan ribet? 😉 Tapi, saya pikir sebuah kebun sayur keluarga tidak akan pernah ribet bagi seorang ibu. Mungkin(?)

Ide ini sudah lama ada dalam lipatan otak saya. Dulu Ibu sempat beberapa kali memiliki sebuah kebun kecil di halaman depan rumah, tapi saya yang kurang telaten memelihara jadilah tanaman-tanaman tersebut merana dan mati. Belum lagi untuk memulai kembali, ada saja hal-hal yang jadi alasan di akhir pekan. Entah karena jadwal mengajar les sedang penuh, ada agenda lain, saya sedang capek, atau penyakit M yang tak ada obatnya: m-a-l-a-s *duuh! 😥

kebun keluarga
kebun keluarga kami (foto diambil April 2012)

Kejadian semacam itu membuat saya berpikir bahwa saya p-a-y-a-h. Sesekali saya merutuki diri sendiri, tapi tidak cukup berhenti di situ. Hm, sepertinya saya butuh sebuah pompa semangat. Dengan modal bersemangat dan fokus, saya yakin saya bisa mewujudkan impian kecil tersebut. Impian yang harus terealisasikan tahun ini juga, HARUS, meski dengan format yang sedikit berbeda. Hehe iya, ada sebuah tempat yang sudah saya incar di dekat area sumur. Dulu tempat ini saya gunakan sebagai basecamp untuk pemeliharaan tanaman tanduk kijang. Well, kita lihat saja nanti! Mohon doanya ya, Sahabat. :mrgreen:

0 thoughts on “Impian tentang Sebuah Kebun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *