Menjadi 'March Equinox'

Pagi tadi tak sengaja saya membaca sepenggal judul artikel di sebuah portal berita online.

” … matahari ada di ‘atas kepala’ ”

21 Maret. Ya, hari ini ditandai sebagai March equinox.

Dulu, setiap kali menemukan tanggal ini tertera di halaman buku IPA atau Geografi, ada rasa—yang entah apa namanya—timbul di dalam hati saya. Ternyata hari ini tidak hanya spesial bagi saya: Phie, tetapi juga bagi Bumi: sebuah penanda terjadinya keseimbangan durasi siang dan malam.

credit
credit

Equinox lain terjadi pada 23 September, … dan boleh jadi, ada seseorang (atau sekelompok orang) di luar sana yang juga merasakan hal ini: merasa Istimewa karena diberi kesempatan lahir pada hari equinox.

Saya tidak ingin ikut-ikutan lebay menanggapi kabar hoax soal heat stroke, heat wave, atau apalah yang terjadi hari ini. Saya hanya ingin diam, menikmati puasa dalam renung dan doa terbaik di pertambahan usia ini.

***

Gusti Allah, terima kasih, telah memberi kesempatan aku hingga hari ini menjejak di bumi-Mu; mengirupi udara-Mu; menikmati hari-hari penuh proses mendewasa. Semoga Kau menjadikan mereka—orang-orang tersayang yang melangitkan doa terbaik untukku—dalam keadaan selamat-sehat-sejahtera, kini hingga nanti.

Aamiin.

 

Tag ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *