Pengalaman Pertama e-Filing SPT

Bicara soal SPT, siapa di antara Sahabat yang punya NPWP tetapi masih berutang laporan SPT tahun 2015? Jangan lagi bilang, itu urusan kantor (ya kalau punya staf kantor yang mau mengurusi pelaporan SPT kolektif) hehehe. Lagipula, saat ini kita sudah dimudahkan dengan teknologi, termasuk juga pelaporan SPT pajak. Isi SPT pajak ribet? Kata siapa? Pakai saja e-Filing.

E-Filing? Iya, fasilitas lapor SPT secara online.

Mulai tahun pajak 2015, wajib pajak diharuskan melapor melalui fasilitas ini. Sebagai pengguna baru, ada pengalaman berbeda yang saya rasa tahun ini. Tahun lalu saya masih lapor SPT tahun pajak 2014 dengan mengisi form berformat hard copy. Tahun ini tak perlu lagi. Saya hanya perlu datang ke kantor pajak dan mengisi form permohonan EFIN (semacam kode rahasia yang tidak boleh hilang) untuk keperluan aktivasi akun; baru setelah itu saya bisa menggunakan fasilitas e-Filing. Lebih lengkapnya, Sahabat bisa mencermati gambar berikut (saya scan dari brosur pemberian KPP Sleman). 

9 langkahe-Filling
9 langkah e-Filing (klik untuk memperbesar)
tata cara aktivasi akun djponline dan panduan e-filling
tata cara aktivasi akun djponline dan panduan pengisian SPT (klik untuk memperbesar)

Sebagai newbie user, pengalaman pertama e-Filing menurut saya gampang, asal kita tahu apa-apa saja informasi yang perlu diisikan ke dalam form. Jangan khawatir keliru, ada panduan pengisiannya. Selama koneksi internet lancar, berdasar pengalaman saya, aktivasi disusul pengisian form hingga penerimaan bukti tidak sampai 30 menit. Saya sendiri sudah lunas lapor SPT 2015 per tanggal 25 Maret lalu.

bukti terima e-SPT: yeay, lunas! :D
bukti terima e-SPT: yeay, lunas! 😀

Jadi, tunggu apa lagi, Sahabat? Jangan bilang lapor SPT ribet dan memilih tidak lapor, ya. Sebagai warga negara yang baik, mari bersegera melunasi kewajiban, sebelum Maret tiba di pengujungnya. Okay?

Well, have a great Monday, then. 🙂

2 thoughts on “Pengalaman Pertama e-Filing SPT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *